Onno-Widodo-Purbo-unas

Orang IT di Indonesia pasti tahu nama praktisi yang satu ini. Ya, Bapak Onno W. Purbo, Ph.D. Beliau sudah melalang buana dengan berbagai pengalaman -nya di bidang IT.

Suatu kebanggaan tersendiri untuk kampus Universitas Nasional (UNAS) Jakarta terutama FTKI (Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika) yang sudah bisa mengundang Bapak Onno W. Purbo sebagai pembicara dalam Workshop Cloud Computing pada hari Selasa (26/2/2013) kemarin. Apalagi dengan status FTKI yang baru 5 tahun berdiri di UNAS, mengundang 3 praktisi IT sekaligus merupakan suatu hal yang luar biasa. Ketiga praktisi IT tersebut adalah Bpk. Gita Surya Wijaya, Bpk. Agung Alfiansyah,Ph.D., dan tentunya Bpk. Onno W. Purbo,Ph.D.

Workshop yang bertemakan tentang Cloud Computing ini mengupas bagaimana cara membangun Server (Cloud) dengan performa yang optimal. Rainer sebagai sponsor utama workshop ini tidak lupa memberikan kontribusinya dalam bentuk meminjamkan komputer servernya untuk demo.

Workshop diawali dengan pengantar oleh Bpk. Gita Surya Wijaya. Ia menjelaskan latar belakang cloud computing, jenis – jenis cloud computing, hardware dan software cloud, serta aplikasinya di berbagai perusahaan besar dunia. Setelah itu, dilanjutkan dengan demo cara meningkatkan performa komputer (khususnya server) tanpa menghabiskan banyak biaya oleh Bpk. Agung Alfiansyah. Acara puncaknya adalah demo pembuatan server sederhana untuk implementasi Cloud Computing oleh Bpk. Onno W. Purbo. Acara ini ditutup dengan doorprize yang hadiahnya sangat menarik.

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa UNAS saja, namun ada beberapa peserta workshop dari kampus lain seperti UI dan UMN. Dengan begitu, harapannya FTKI – UNAS dapat dikenal oleh lebih banyak kalangan. Selain itu, suksesnya acara ini membuktikan bahwa FTKI – UNAS mampu mengadakan workshop berbobot dengan skala nasional.

oleh: David Prasetyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.