Profil Informatika

Program studi Informatika merupakan program strata S-1 yang berada di dalam naungan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional. Program studi ini memiliki akreditasi “UNGGUL” sejak 2024 hingga saat ini.

Program studi Informatika merupakan disiplin ilmu yang berfokus pada pengembangan sistem berbasis komputer dengan segala kemampuan pemrograman, kecerdasan buatan dan jaringan komputer. Pada jurusan Informatika akan dipelajari ilmu dan teknik yang membahas tentang pengolahan data atau masalah transformasi dengan memanfaatkan teknologi komputer melalui proses-proses logika.

Program studi ini didirikan tahun 2006, disahkan pendiriannya melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 4481/D/T/2006.

Saat ini perkembangan di bidang industri sangat pesat dimana semua macam-macam pekerjaan yang dilakukan oleh manusia digantikan dengan otomatisasi komputer. Sistem komputer ini menggantikan pekerjaan manusia dan terdapat efesiensi waktu pengerjaan dalam memproduksi produk yang tidak terdapat pada manusia, sehingga disinilah peran para Informatika yang membuat sistem yang dapat menghubungkan antara industri dan masyarakat.

VISI

Visi Informatika :
“Menjadi Program Studi Informatika yang menghasilkan lulusan unggul dalam memanfaatkan Intelligent System dan Software Engineering di bidang informatika dan komputer pada tahun 2025 yang berbasis kebudayaan.”


MISI

    • Menyelenggarakan Pendidikan dan program kompetensi bersertifikasi nasional dan internasional dengan fondasi pengetahuan di bidang keilmuan Informatika berorientasi solusi yang mengacu pada standar mutu nasional BAN PT dan LAM Infokom mengikuti Trend Teknologi mengacu pada ACM dan IEEE.
    • Menyelenggarakan penelitian di bidang Informatika khususnya pada ranah keilmuan Intelligent System dan Software Engineering yang memberikan kontribusi terhadap perkembangan dan pemanfaatan Teknologi bidang Infokom di Industri dan masyarakat di tingkat Nasional dan Internasional.
    • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pemanfaatan hasil penelitian Teknologi bidang Infokom.
    • Membangun kompetensi dosen yang menguasai bidang Informatika khususnya pada ranah keilmuan Intelligent System dan Software Engineering sesuai standar nasional dan Internasional untuk menunjang pengembangan kurikulum program studi berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Standar Internasional.
    • Membangun budaya akademik guna meningkatkan prestasi akademik dalam bidang Infokom dan non akademik mahasiswa di tingkat nasional dan internasional.

TUJUAN

  • Menyelenggarakan pendidikan dan program kompetensi dengan sertifikasi nasional dan internasional di bidang Informatika.
  • Menyelenggarakan penelitian di bidang Intelligent System dan Software Engineering untuk memberikan kontribusi pada perkembangan dan pemanfaatan Teknologi Infokom.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis pemanfaatan hasil penelitian di bidang Teknologi Infokom.
  • Membangun kompetensi dosen di bidang Intelligent System dan Software Engineering sesuai standar nasional dan internasional.
  • Membangun budaya akademik dan meningkatkan prestasi mahasiswa di bidang Infokom dan non-akademik.

SASARAN

  • Menyusun dan mengimplementasikan kurikulum berorientasi solusi dengan standar mutu nasional.
  • Menyediakan peluang bagi mahasiswa untuk memperoleh sertifikasi nasional dan internasional.
  • Memastikan bahwa kurikulum mengikuti perkembangan teknologi Infokom yang diacu pada ACM dan IEEE.
  • Meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian yang dipublikasikan di tingkat nasional dan internasional.
  • Menjalin kemitraan dengan industri untuk menerapkan hasil penelitian dalam praktik.
  • Menyediakan solusi Informatika yang berkontribusi pada penyelesaian masalah masyarakat.
  • Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan dosen dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  • Memberikan pelatihan dan pengembangan kompetensi kepada dosen. Mendorong partisipasi dosen dalam konferensi dan kegiatan akademis internasional.
  • Mendorong partisipasi mahasiswa dalam kegiatan akademik dan non-akademik di tingkat nasional dan internasional.
  • Menyelenggarakan kegiatan pembinaan karakter dan soft skills untuk mahasiswa.

PROFIL LULUSAN

  •  Lulusan memiliki kemampuan menganalisis persoalan computing serta menerapkan prinsip-prinsip computing dan disiplin ilmu relevan lainnya untuk mengidentifikasi solusi bagi organisasi.
  •  Lulusan memiliki kemampuan mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis computing yang memenuhi kebutuhan pengguna dengan pendekatan yang sesuai.
  •  Lulusan mampu bertindak dan menilai secara professional.
  •  Lulusan mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata.

PETA KURIKULUM


Bahan Kajian Prodi Informatika

Kode Bahan Kajian Deskripsi Bahan Kajian
BK01 Social Issues and Professional Practice  

Menganalisis isu sosial, etika profesional, dan tanggung jawab dalam praktik komputasi. Termasuk peran komputasi dalam masyarakat, privasi, hukum, dan kebijakan serta etika profesional.

BK02 Security Policy and Management Mengembangkan kebijakan keamanan dan manajemen risiko. Termasuk pengembangan, implementasi, dan evaluasi kebijakan keamanan, serta manajemen insiden dan respon.
BK03 Project Management Menerapkan prinsip dan praktik manajemen proyek, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan pengendalian proyek komputasi. Termasuk teknik estimasi, manajemen risiko, dan penggunaan alat bantu manajemen proyek.
BK04 User Experience Design Merancang pengalaman pengguna, mencakup prinsip-prinsip desain antarmuka, evaluasi kegunaan, serta teknik desain interaktif untuk meningkatkan interaksi pengguna dengan sistem komputer.
BK05 Security Issues and Principles Memahami prinsip-prinsip keamanan informasi, termasuk ancaman keamanan, serangan, dan strategi pertahanan. Termasuk konsep enkripsi, kontrol akses, dan teknik mitigasi risiko.
BK06 Data and Information Management Mengelola data dan informasi, termasuk perancangan basis data, pemodelan data, normalisasi, dan teknik query. Juga mencakup manajemen data besar dan penyimpanan terdistribusi.
BK07 Parallel and Distributed Computing Menerapkan konsep dasar dan teknik komputasi paralel dan terdistribusi. Meliputi model pemrograman, algoritma paralel, arsitektur komputer terdistribusi, dan teknik sinkronisasi.
BK08 Computer Networks Memahami dasar-dasar jaringan komputer, termasuk model OSI, TCP/IP, routing, switching, dan protokol jaringan. Termasuk juga aspek keamanan jaringan dan manajemen jaringan.
BK09 Security Technology and Implementation Menerapkan teknologi dan implementasi keamanan, termasuk enkripsi, firewall, sistem deteksi intrusi, dan teknik keamanan lainnya. Fokus pada implementasi praktis dari solusi keamanan.
BK10 Software Design Merancang perangkat lunak, termasuk arsitektur perangkat lunak, pola desain, dan metodologi desain. Termasuk juga teknik evaluasi dan validasi desain.
BK11 Operating Systems Memahami fungsi dan struktur sistem operasi, termasuk manajemen proses, memori, penyimpanan, dan perangkat I/O. Termasuk juga konsep virtualisasi dan sistem operasi terdistribusi.
BK12 Data Structures, Algorithms and Complexity Menerapkan struktur data dan algoritma, termasuk konsep kompleksitas algoritma, analisis kinerja, dan implementasi struktur data seperti pohon, graf, dan hash table.
BK13 Programming Languages Memahami konsep dan prinsip bahasa pemrograman, termasuk paradigme pemrograman seperti prosedural, berorientasi objek, fungsional, dan logika. Termasuk juga desain dan implementasi bahasa pemrograman.
BK14 Programming Fundamentals Menerapkan dasar-dasar pemrograman, termasuk sintaks dan semantik bahasa pemrograman, struktur kontrol, fungsi, dan rekursi. Termasuk juga teknik debugging dan pengujian.
BK15 Computing Systems Fundamentals Memahami dasar-dasar sistem komputasi, termasuk arsitektur komputer, organisasi komputer, dan prinsip-prinsip operasi sistem komputasi. Termasuk juga konsep input/output dan penyimpanan.
BK16 Architecture and Organization Memahami struktur dan organisasi komputer, termasuk unit pemrosesan pusat (CPU), memori, dan sistem I/O. Termasuk juga desain sistem komputer dan arsitektur prosesor.
BK17 Graphics and Visualization Menerapkan prinsip-prinsip grafik komputer dan visualisasi, termasuk pemodelan geometris, rendering, animasi, dan teknik visualisasi data. Termasuk juga penggunaan alat bantu grafik dan visualisasi.
BK18 Intelligent Systems Menerapkan sistem cerdas, termasuk kecerdasan buatan (AI), pembelajaran mesin, dan sistem berbasis pengetahuan. Termasuk juga aplikasi AI dalam berbagai bidang.
BK19 Platform-based Development Mengembangkan platform berbasis pengembangan, termasuk pengembangan untuk web, mobile, dan embedded systems. Termasuk juga teknik pengembangan untuk platform khusus.
BK20 Computational Science Menggunakan komputasi untuk pemodelan dan simulasi dalam berbagai disiplin ilmu. Termasuk juga aplikasi komputasi dalam sains dan teknik.
BK21 Discrete Structures Menerapkan struktur diskrit, termasuk logika, teori himpunan, graf, dan kombinatorika. Termasuk juga penerapan struktur diskrit dalam komputasi.
BK22 Human-Computer Interaction Merancang interaksi manusia-komputer, termasuk desain antarmuka, evaluasi kegunaan, dan ergonomi. Termasuk juga teknik-teknik untuk meningkatkan interaksi pengguna dengan sistem komputer.
BK23 Information Assurance and Security Memahami jaminan informasi dan keamanan, termasuk kebijakan keamanan, manajemen risiko, dan teknik keamanan. Termasuk juga implementasi praktis dari solusi keamanan.
BK24 Software Development Fundamentals Menerapkan dasar-dasar pengembangan perangkat lunak, termasuk siklus hidup pengembangan perangkat lunak, metodologi pengembangan, dan praktik terbaik dalam pengembangan perangkat lunak.
BK25 Software Process Menerapkan proses perangkat lunak, termasuk model proses pengembangan perangkat lunak, manajemen proyek perangkat lunak, dan teknik pengukuran kinerja proses.
BK26 Virtual Systems and Services Mengelola sistem dan layanan virtual, termasuk virtualisasi, cloud computing, dan layanan berbasis internet. Termasuk juga teknik manajemen dan implementasi sistem virtual.
BK27 Software Modeling and Analysis Memodelkan dan menganalisis perangkat lunak, termasuk teknik pemodelan, analisis statis dan dinamis, serta alat bantu untuk pemodelan dan analisis.
BK28 Pengembangan Diri Mengembangkan keterampilan diri, termasuk keterampilan komunikasi, manajemen waktu, kerja sama tim, dan pengembangan karir. Termasuk juga etika profesional dan pengembangan pribadi.
BK29 Metodologi Penelitian Menerapkan metodologi penelitian, termasuk desain eksperimen, pengumpulan data, analisis data, dan teknik-teknik penelitian. Termasuk juga penulisan laporan penelitian dan publikasi ilmiah.