ftki unas imaginecup

Tahun ini, Microsoft menyambangi dan menantang mahasiswa Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional untuk ikut serta dalam kompetisi Imagine Cup Indonesia 2015.

Jakarta [UNAS] – Mahasiswa sebagai generasi muda bangsa sejatinya diharapkan mampu berkontribusi dalam pembangunan negerinya menuju arah yang lebih baik. Salah satu sumbangan yang dapat dilakukan saat ini adalah melalui cipta karya dan inovasi yang dihasilkan di berbagai bidang. Contohnya adalah ajang kompetisi tahunan dunia di bidang Teknologi Informasi yang diselenggarakan oleh Microsoft yang dikenal dengan “Imagine Cup – Global Student Technology Competition”. Tahun ini, Microsoft menyambangi dan menantang mahasiswa Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional untuk ikut serta dalam kompetisi Imagine Cup Indonesia 2015.

“Kompetisi ini pertama kali dibuka pada 2003, dan ditujukan untuk seluruh mahasiswa di dunia. Kenapa mahasiswa? Karena kami menyadari bahwa kampus adalah awal atau sumber lahirnya inovasi – inovasi yang baru di berbagai bidang. Oleh karena itu, melalui Imagine Cup ini kami berharap akan lahir inovasi – inovasi terbaru, khususnya di bidang teknologi. Untuk kompetisi tahun 2015 sebenarnya kami sudah melakukan roadshow di 20 perguruan tinggi, dan untuk Universitas Nasional sendiri ini merupakan pertama kalinya. Kami berharap ada mahasiswa Unas yang mau bergabung dalam kompetisi ini dan bisa menang juga,” papar Delegasi DX Microsoft Indonesia, Yugie Nugraha dalam roadshow Imagine Cup Indonesia 2015 yang digelar di Aula Masjid Sutan Takdir Alisjahbana (STA) Universitas Nasional, Jumat (28/11).

Tidak hanya itu, dalam kegiatan roadshow yang juga menghadirkan Asisten Manajer Teritori Area Telkom, Buang Santoso sebagai pembicara tersebut, pria yang akrab disapa Yugie ini menjelaskan bahwa dalam kompetisi tahunan tersebut dibagi kedalam tiga kategori, yaitu Games, Innovation, dan World Citizenship. Melalui pengumpulan video hasil karya mahasiswa dalam situs online yang disediakan, para peserta yang merupakan delegasi dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia akan dipilih yang terbaik sebagai perwakilan Indonesia untuk berkompetisi dengan mahasiswa lainnya di tingkat dunia.

“Inovasi dalam bidang teknologi itu luas sekali. Jadi silahkan teman – teman untuk berkreasi dan membuat teknologi dengan memanfaatkan inovasi – inovasi terbaru. Untuk Imagine Cup Indonesia 2015 ini, peserta akan diminta untuk mengumpulkan video projectnya ke website kami paling lambat 28 Februari 2015, dan akan diumumkan untuk semi finalnya seminggu kemudian,” imbuh Yugie.

Ditemui pada kesempatan yang sama, salah satu peserta roadshow yang merupakan alumni Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) tahun 2014, Muhammad Irfan berpendapat kompetisi ini merupakan ajang yang bagus untuk menarik dan meningkatkan minat mahasiswa untuk mencoba berkompetisi di bidang IT. Terlebih, tidak hanya di tingkat nasional, melalui ajang ini mahasiswa juga bisa mengukur kemampuannya di taraf Internasional.

oleh : Herlina, A.Md.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.