Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Gelar Workshop Kreatif dan Inovatif Robotik

JAKARTA (UNAS) – Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) menggelar workshop bertajuk “Kreatif dan Inovatif Melalui Robotik” yang bekerjasama dengan tim robot edukasi. Selama dua hari pada Jumat dan Sabtu (12-13/1), di Ruang Seminar lantai tiga Universitas Nasional, Kegiatan ini bertujuan sebagai sarana mahasiswa untuk memperluas wawasan dan pengetahuan tentang robotik. Kegiatan ini dikuti oleh 30 peserta dari mahasiswa prodi Teknik Informatika Unas dan mahasiswa Institut Sains dan Teknologi Nasional.

Ditemui disela-sela acara ketua pelaksana sekaligus mahasiswa teknik informatika Unas, Ardi Hidayat menyatakan mahasiswa bisa belajar mengenai robotik baik itu teori maupun praktek guna menambah wawasan dan mengetahui aspek-aspek tentang robotik dan dapat dipraktekan di dunia kerja. “Dalam Workshop ini mahasiswa dapat mengetahui semua tentang robotik baik cara pembuatan maupun pengoperasiannya. Kami ingin dapat mewadahi minat mahasiswa di bidang robotik dan berharap mahasiswa dapat menunjukan karya mereka sendiri untuk jangka waktu panjang serta mampu mengimplementasikan ke dunia kerja,” ujarnya.

Ia menambahkan, bagi mahasiswa Program Studi Teknik Informatika setelah mengetahui tentang robotik mahasiswa dapat mengambil sistem pembelajaran yaitu sistem cerdas. “Mahasiswa dapat mengambil sistem pembelajaran yang disebut sistem cerdas. Lanjutnya, disistem cerdas tersebut kita mempelajari sebuah coding  mengenai tentang artificial intelegent dibidang robotik,” tuturnya.

Disinggung mengenai perkembangan tentang robotik, pria yang akrab disapa Ardi itu menyebutkan perkembangan teknologi saat ini sangat maju khususnya dibidang robotik. Keahlian dalam merancang robotik sangat dibutuhkan terutama bagi industri, robotik bisa dikembangkan sebagai teknologi artificial intelegent dan ritual reality.

Mengenai langkah selanjutnya, Ardi mengungkapkan forum study himpunan Teknik Informatika akan mempelajari apa yang didapat dari workshop dan akan diadakan sharing ke anak SMK. “Kami di himpunan memiliki program sharing session yang dimana akan mengundang anak sekolah terutama SMK guna mengenalkan teknologi teknologi robotik,” ucap ardi.

Ditanya mengenai harapannya bagi mahasiswa yang mengikuti workshop ini, ia menuturkan mahasiswa dapat menambah pengetahuan tentang robotik dan hasil-hasil karya mahasiswa dapat diperlombakan di tingkat nasional maupun internasional. “saya berharap mahasiswa yang mengikuti  workshop kreatif dan inovatif melalui robotik ini bisa mengerti pengetahuan tentang robotika dan kedepannya bisa diperlombakan dalam ajang-ajang yang bergengsi,” tutupnya.(*DMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *