kinect-unas

Teknologi Kinect milik Microsoft memberikan pengalaman bermain game tersendiri bagi para gamer. Selain itu, anak-anak ternyata juga bisa memperoleh dampak yang sangat positif dari keberadaan teknologi Kinect ini. Terutama berkat keberadaan sebuah game edukasi yang memanfaatkan teknologi Kinect.

kinect-belajar

Sebuah studi yang dilakukan oleh Human-Computer Interaction Institute di Universitas Carnegie Mellon menemukan kalau penggunaan teknologi Kinect dalam proses belajar anak ternyata lebih efektif. Mereka pun menemukan bahwa Kinect memberikan cara yang lebih efektif bagi anak dalam membangun block tower. Proses belajar dengan cara ini pun mereka anggap lebih efektif dibandingkan cara belajar anak secara konvensional.

Dalam studi ini, anak diberikan sebuah perangkat, baik itu laptop ataupun tablet serta sebuah objek nyata dengan layar serta dilengkapi dengan Kinect. Berkat adanya Kinect, anak-anak pun bisa membangun tower dengan desain yang lebih stabil. Tak hanya itu, dalam proses belajar ini, anak telrihat lebih enjoy. Bahkan mereka pun berharap kalau perangkat seperti itu bisa didapatkan di dalam rumah.

Kesimpulannya, para peneliti mengungkapkan kalau game yang mendukung observasi fisik di dunia nyata mempunyai potensi besar dalam peningkatan proses belajar anak. Mereka pun berharap untuk bisa mengulangi penelitian tersebut dan selanjutnya dapat memberikan dampak untuk peningkatan pendidikan anak secara lebih umum.

via : beritateknologi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *