slider111

Program studi Informatika merupakan program strata S-1 yang berada di dalam naungan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional. Program studi ini memiliki akreditasi “B” sejak 2011 hingga saat ini.

Program studi Informatika merupakan disiplin ilmu yang berfokus pada pengembangan sistem berbasis komputer dengan segala kemampuan pemrograman, kecerdasan buatan dan jaringan komputer. Pada jurusan Informatika akan dipelajari ilmu dan teknik yang membahas tentang pengolahan data atau masalah transformasi dengan memanfaatkan teknologi komputer melalui proses-proses logika.

Program studi ini didirikan tahun 2006, disahkan pendiriannya melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 4481/D/T/2006.

Saat ini perkembangan di bidang industri sangat pesat dimana semua macam-macam pekerjaan yang dilakukan oleh manusia digantikan dengan otomatisasi komputer. Sistem komputer ini menggantikan pekerjaan manusia dan terdapat efesiensi waktu pengerjaan dalam memproduksi produk yang tidak terdapat pada manusia, sehingga disinilah peran para Informatika yang membuat sistem yang dapat menghubungkan antara industri dan masyarakat.

VISI

Menghasilkan lulusan yang kompeten dibidang sains komputer dengan keunggulan dalam bidang Grafik Komputer dan Multimedia, Jaringan Komputer, dan Teknologi Perangkat Lunak serta memiliki karakter dan integritas moral.

MISI

  • PENDIDIKAN

    • – Menyelenggarakan pendidikan bidang keilmuan TIK yang menerapkan standard akademik nasional.
    • – Meningkatkan kualifikasi dosen hingga ke jenjang S3 di bidang TIK pada perguruan tinggi bereputasi.
    • – Meningkatkan jumlah dosen yang mencapai jabatan fungsional profesor.
    • – Menerapkan kurikulum yang berorientasi pada peningkatan mutu akademik, yakni dengan mengacu pada KKNI.
    • – Meningkatkan prestasi mahasiswa di even kompetisi ilmiah tingkat nasional dalam bidang TIK.
    • – Menerapkan sistem penjaminan mutu yang berkelanjutan (Sustainable of Quality Assurance) untuk meningkatkan akuntabilitas tata kelola pendidikan.
    • – Menyediakan fasilitas laboratorium sebagai basis pengembangan riset bidang keilmuan TIK.
    • – Meningkatkan pencapaian standard Akreditasi A dari BAN-PT
  • PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

    • – Meningkatkan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
    • – Menghasilkan produk penelitian berbasis TIK sebagai solusi atas isu-isu strategis nasional.
    • – Menghasilkan outcome penelitian yang dapat meningkatkan penguasaan TIK di masyarakat.
    • – Meningkatkan keberhasilan pencapaian hibah penelitian dan institusi.
    • – Meningkatkan publikas ilmiah di tingkat nasional dan internasional, baik di jurnal dan seminar.
    • – Memanfaatkan kerjasama penerapan riset TIK di industri dan masyarakat.
    • – Memanfaatkan kerjasama dengan institusi luar dalam pengembangan riset dan pendidikan.

TUJUAN

  • – Menjadikan program studi Informatika yang unggul dan favorit di tingkat nasional.
  • – Menghasilkan kurikulum pendidikan S1 yang berorientasi pada peningkatan kompetensi bidang keahlian sains komputer.
  • – Menghasilkan sumber daya akademik (dosen-dosen) yang berkualifikasi pendidikan S3 di bidang sains komputer.
  • – Menghasilkan guru besar yang berbasis kepakaran bidang keilmuan TIK.
  • – Meningkatnya luaran-luaran penelitian yang memperkuat bidang sains komputer.
  • – Menghasilkan lulusan yang berkompetensi di bidang Informatika khususnya pada bidang Grafik Komputer dan Multimedia, Jaringan Komputer, dan Teknologi Perangkat Lunak.
  • – Menghasilkan kurikulum yang mengacu pada standar APTIKOM (60%), dan kurikulum yang dikembangkan oleh Program Studi (40%) disesuaikan dengan kebutuhan stake holder serta memperhatikan hasil analisis Tracer Study.
  • – Menghasilkan lulusan dengan masa studi rata-rata 7-8 semester dan IPK rata-rata 3.25.
  • – Membekali lulusan untuk mampu melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dan mempunyai sertifikasi pelatihan internasional di bidang TIK.
  • – Mendapatkan hibah-hibah dari dalam dan luar negeri dan mempublikasikan penelitian dalam media ilmiah berkala nasional, internasional dan terakreditasi.
  • – Menghasilkan kontribusi karya ilmiah yang terdaftar sebagai Hak Cipta sebagai luaran peneliti

KOMPETENSI UTAMA LULUSAN

  • – Mampu menerapkan teori informatika dalam pemecahan masalah
  • – Mampu mengidentifikasi dan menganalisa masalah, serta merancang solusi komputasi yang optimal untuk penyelesaian masalah tersebut
  • – Mampu mengembangkan dan menguji perangkat lunak berdasarkan teori dan kaidah Informatika
  • – Mampu bekerja secara profesional baik secara individu maupun dalam kelompok untuk melaksanakan proyek-proyek bidang Teknik Informatika
  • – Menguasai pengetahuan tentang teknologi terbaru dan implementasinya
  • – Mampu menjadi entrepreneour dan berwirausaha di bidang Informatika
  • – Mampu menjadi peneliti di bidang Informatika

KOMPETENSI PENDUKUNG LULUSAN

  • – Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  • – Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • – Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  • – Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  • – Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  • – Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • – Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • – Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  • – Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  • – Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  • – Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  • – Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  • – Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • – Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • – Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • – Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  • – Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  • – Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  • – Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  • – Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi;
  • – Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

PROFIL LULUSAN

No. Profil Lulusan Deskripsi
1 Computer Engineer Lulusan yang dapat bekerja pada lingkungan yang fokus pada perancangan dan pembuatan piranti digital dan elektronik berbasis komputasi yang menggabungkan aspek pengetahuan di bidang software maupun hardware.
2 Software Engineer Lulusan yang dapat bekerja pada perusahaan pengembang berbagai software atau piranti lunak yang dibutuhkan untuk beragam keperluan, baik yang merupakan piranti sistem operasi, piranti pendukung (tools), piranti aplikasi pada baku kualitas pengembangan yang telah distandarisasi. Misalnya piranti lunak untuk pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan, model data dan simulasi.
3 Multimedia Developer Lulusan yang dapat bekerja dengan merancang, mengembangkan dan mengelola fiture multimedia, seperti teks, suara, grafis, foto digital, pemodelan 2 Dimensi/3 Dimensi, animasi dan video untuk membuat produk-produk seperti web site, aplikasi mobile atau program komputer multimedia.
4 Network and Data Communication Engineer Lulusan yang dapat bekerja di bidang jaringan dan komunikasi, bertanggung jawab untuk menerapkan, memelihara, mendukung, mengembangkan dalam permasalahan perancangan jaringan komputer komunikasi dan komunikasi data dalam suatu organisasi atau antar organisasi.
5 Telecommunication Network Engineer Lulusan yang dapat bekerja dalam bidang desain jaringan telekomunikasi, melaksanakan, dan mengelola berbagai jaringan telekomunikasi berbasis komputer yang digunakan dalam sebuah organisasi/perusahaan. Jaringan ini termasuk jaringan data, seperti internet, jaringan suara, seperti teknologi telekonferens, dan komunikasi video, seperti video conference.

PETA KURIKULUM

peta kurikulum

RANAH TOPIK KEILMUAN

Ranah Topik Capaian Pembelajaran Lulusan
1.    Karakter Integritas dan Softskill
  1. Mampu menerapkan prinsip-prinsip moral atau nilai spiritualitas sesuai dengan ajaran agama yang dianut, yang berlaku secara universal dalam upaya pengembangan pribadi yang unggul di masyarakat dengan menjadikan prinsip atau nillai tersebut sebagai motivasi untuk menguasai, mengamalkan, dan mengembangkan IPTEK.
  2. Mampu menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai ciri khas dan jati diri bangsa dalam upaya pengembangan pribadi yang berkarakter dan berintegritas.
  3. Mampu menerapkan prinsip-prinsip nasionalisme dalam koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
  4. Mampu menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dalam koridor pengembangan karir profesional di dunia kerja.
  5. Mampu menerapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmiah/saintifik sebagai cara untuk mendiseminasikan karya ilmiah secara tertulis dan mampu mengembangkannya sebagai bahasa komunikasi profesional untuk dunia kerja.
  6. Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar berwirausaha berbasis kreatifitas dan inovasi dengan mendayagunakan basis keilmuan prodi.
  7. Mampu menerapkan atau mengembangkan kemampuan salah satu cabang bidang olah raga atau seni sebagai media penguatan soft-skill.
  8. Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar konservasi lingkungan hidup dalam konteks pengembangan karir profesional di perusahaan atau instansi pemerintah sebagai upaya mendukung sustainabilitas (keberlanjutan) lingkungan.
  9. Mampu memahami prinsip-prinsip anti korupsi dan penyalahgunaan narkoba sebagai upaya peningkatan karakter dan integritas di dunia kerja.
2.    Matematika dan Statistika
  1. Mampu memahami konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
  2. Mampu memahami prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
  3. Mampu memahami konsep dan ilmu probabilita dan statistic untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
  4. Mampu memahami konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
3.    Ilmu Alam Dasar
  1. Mampu memahami pengetahuan Fisika dan memahami hukum-hukum alam dan penalarannya sebagai dasar untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan fenomena listrik, magnet, gelombang elektromagnetika, dan optika.
  2. Mampu menerapkan konsep ilmu alamiah dasar dalam bidang elektronika dan komputer.
4.    Algoritma dan Pemrograman
  1. Mampu memahami teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
  2. Mampu memahami konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
  3. Mampu memahami teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
  4. Mampu memahami bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Mampu memahami metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.
  6. Mampu memahami konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
  7. Mampu memahami konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
  8. Mampu memahami konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
  9. Mampu menganalisis, merancang, dan menerapkan suatu sistem berbasis komputer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman prosedural dan berorientasi objek.
  10. Mampu memahami bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
5.    Sistem Cerdas   5.1          Mampu menentukan pendekatan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, memilih representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.

5.2          Mampu menerapkan pendekatan berbagai sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi.

5.3          Mampu menerapkan penggunaan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.

5.4          Mampu melakukan evaluasi kinerja dari penerapan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, termasuk dalam pemilihan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.

6.    Rekayasa Perangkat Lunak 6.1.          Mampu membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer.

6.2.          Mampu menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi komputer.

6.3.          Mampu memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep-konsep dasar pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak, serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan komputer untuk memecahkan masalah tertentu.

6.4.          Mampu merancang dan mengembangkan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra, serta dapat memvisualisasikannya.

6.5.          Mampu membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer.

6.6.          Mampu membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, sistem cerdas, dan bahasa natural.

6.7.          Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data.

7.    Komputer Arsitektur (Sistem Komputer) 7.1.        Mampu menganalisis dan mengembangkan sistem serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif.

7.2.        Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi komputer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi komputer.

7.3.        Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform pada Mobile Computing, serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area.

7.4.        Mampu merancang sistem keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profiyang ada.

7.5.        Mampu memahami abstraksi dari eksekusi sebuah program pada sebuah sistem komputer.

8.    Sistem Jaringan Komputer 8.1.          Mampu merancang sistem jaringan komputer serta melakukan pengelolaan secara kontinu.

8.2.          Mampu memahami prinsip dasar sistem jaringan komputer.

8.3.          Mampu menerapkan algoritma paralel yang dapat memanfaatkan sumberdaya komputasi yang tersedia dengan efisien.

8.4.          Mampu mengembangkan aplikasi sederhana berbasis jaringan.

9.    Sistem Telekomunikasi 9.1          Mampu memahami prinsip dasar, cara kerja, system platform telekomunikasi berbasis microwave dan komunikasi optik.

9.2          Mampu merancang jaringan komputer berbasis teknologi komunikasi microwave dan optik .

9.3          Mampu merancang/mendesain jaringan yang sesuai dengan konsep/kebutuhan yang diperlukan dalam kriteria model jaringan tertentu, misal perencanaan untuk jaringan akses internet.

9.4          Mampu memanfaatkan system komputasi untuk mengoptimalkan performansi jaringan komputer berbasis teknologi telekomunikasi microwave dan optik.

9.5          Mampu memahami pentingnya keamanan sistem komputer dan dasar-dasar keamanan sistem informasi, memahami pola-pola penyerangan terhadap sisten keamanan komputer, memahami proses mengevaluasi keamanan sistem informasi, memahami berbagai masalah dalam pengamanan sistem informasi, mengimplementasikan berbagai cara pengamanan data (kriptografi, stegaografi, secure socket layer, captcha dll), memahami algoritma kriptografi dan implementasi kriptografi dan menyelesaikan permasalahan enkripsi data dengan menjalankan aplikasi PG.

10.Kecakapan Hidup (Success Skills) 10.1      Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non-teknis.

10.2      Mampu berpikir kritis, mengidentifikasi akar masalah dan pemecahannya secara komprehensif, serta mengambikeputusan yang tepat berdasarkan analisis informasdan data.

10.3      Mampu menunjukkan integritas profesional dan berkomitmen terhadap nilai-nilai etika.

10.4      Mampu menunjukkan sikap untuk belajar seumur hidup (life-lonlearning).

10.5      Mampu memimpin dan bekerja dalam tim, mandiri dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.

10.6      Mampu bekerja sama dengan individu yang memiliki latar belakang sosial dan budaya yang beragam.

10.7      Mampu mencari, merunut, menyarikan informasi ilmiah dan non-imiah secara mandiri dan kritis.

10.8      Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dan menangani berbagai kegiatan secara simultan pada berbagai kondisi.

11.Riset Informatika 11.1        Mampu mengintegrasikan keilmuan Informatika menjadi solusi atas permasalahan factual di masyarakat (stake holder/industri)

11.2        Mampu mengembangkan penerapan keilmuan Informatika yang terintegrasi dengan perkembangan TIK mutakhir

11.3        Mampu menganalisis permasalahan TIK dengan pendekatan riset

11.4        Mampu mendokumentasikan dan mendiseminasikan hasil riset dalam bentuk publikasi ilmiah

11.5        Mampu menulis makalah ilmiah/skripsi yang memenuhi kaidahetika penulisan ilmiah dan menghindari plagiarism

11.6        Mampu melakukan proses penelitian untuk membuat desain inovetif dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK)

12.Multimedia 12.1        Mampu memahami konsep pemodelan, rendering, animasivisualisasi grafik komputer dan multimedia.

12.2        Mampu menjelaskan tentang grafik primitif, ruang geometri grafik dan komponen multimedia.

12.3        Mampu membuat dan mengembangkan aplikasi grafikvisualisasi grafik dan multimedia.

 

MATRIKS CAPAIAN PEMBELAJARAN DENGAN MATA KULIAH

No. Mata Kuliah Capaian Pembelajaran
1 1.         Pendidikan Agama

2.         Pendidikan Pancasila

3.         Pendidikan Kewarganegaran

4.         Bahasa Inggris Informatika

5.         TOEFL/Bahasa Inggris

6.         Bahasa Indonesia

7.         Kewirausahaan

8.         Olahraga dan Seni

9.         Konservasi Lingkungan

10.     Pendidikan Anti Korupsi

1.         Mampu menerapkan prinsip kesadaran lingkungan hidup dalam kehidupan sehari-hari.

2.         Mampu menjadi agen perubahan bangsa dalam upaya pemberantasan korupsi dan narkoba.

3.         Mampu menguasai salah satu cabang olahraga atau kesenian yang berorientasi pada prestasi nasional.

4.         Mampu menerapkan prinsip-prinsip ketuhanan Yang Maha Esa dalam upaya pengembangan pribadi yang unggul di masyarakat dengan mengamalkan IPTEK.

5.         Mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris sebagai upaya memperkenalkan jati diri bangsa Indonesia dalam koridor pengembangan karir profesional.

6.         Mampu membuat laporan dan tulisan ilmiah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

7.         Mampu menguasai prinsip-prinsip berwirausaha dengan memanfaatkan peluang bisnis berbasis pada core bidang keilmuan.

2 1.         Aljabar Linier

2.         Matematika Diskrit

3.         Kalkulus I

4.         Kalkulus II

5.         Metode Numerik

6.         Statistika dan Probabilitas

7.         Bahasa dan Automata

8.         Teknik Kompilasi

9.         Teknik Riset Operasional

1.           Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.

2.           Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.

3.           Menguasai konsep dan ilmu probabilitas dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.

4.           Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.

3 1.          Fisika Dasar

2.          Praktikum Fisika Dasar

1.             Menguasai teori dan konsep ilmu alamiah dasar (fisik dan kimia) terutama tentang mekanika, gelombang, kelistrikan dan karakteristik material.

2.             Menerapkan konsep ilmu alamiah dasar dalam bidang elektronika dan komputer

4 1.         Algoritma dan Pemrograman I

2.         Algoritma dan Pemrograman II

3.         Praktikum Algoritma dan Pemrograman I

4.         Praktikum Algoritma dan Pemrograman II

5.         Perancangan dan Analisis Algoritma

6.         Algoritma Paralel

7.         Struktur Data dan Algoritma

8.         Praktikum Struktur Data dan Algoritma

9.         Pemrograman Visual

10.     Praktikum Pemrograman Visual

11.     Pemrograman Berorientasi Objek

12.     Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek

13.     Pemrograman Bergerak

14.     Pemrograman Web

15.     Praktikum Pemrograman Web

16.     Internet of Things

17.     Pengolahan Citra

18.     Animasi Komputer

1.         Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.

2.         Menjelaskan konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma dalam menyelesaikan masalah.

3.         Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.

4.         Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.

5.         Menganalisis, merancang, dan menerapkan suatu sistem berbasis komputer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman prosedural dan berorientasi objek.

6.         Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.

7.         Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform pada Mobile Computing, serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area.

5 1.         Kecerdasan Buatan dan Logika Fuzzy

2.         Deep Learning

1.          Menentukan pendekatan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, memilih representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya

2.          Menerapkan pendekatan berbagai sistem cerdas, dan mengevaluasi kinejanya sesuai dengan problem yang dihadapi

3.          Menerapkan penggunaan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.

4.          Evaluasi kinerja dari penerapan sistem yang sesuai dengan problem yang dihadapi, termasuk dalam pemilihan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.

6 1.         Rekayasa Perangkat Lunak

2.         Data Science

3.         Basis Data

4.         Manajemen Proyek Teknologi Informasi

5.         E-Business

6.         Praktikum E-Business

7.         Teknik Simulasi dan Pemodelan

1.          Membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer.

2.          Menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi komputer.

3.          Memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep-konsep dasar pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak, serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan komputer untuk memecahkan masalah tertentu.

4.          Merancang dan mengembangkan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra, serta dapat memvisualisasikannya.

5.          Membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer.

6.          Membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, sistem cerdas, dan bahasa natural.

7.          Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data.

7 1.         Arsitektur dan Organisasi Sistem Komputer

2.         Sistem Operasi

3.         Praktikum Sistem Operasi

4.         Sistem Digital

5.         Praktikum Sistem Digital

6.         Pengelolaan Instalasi Komputer

7.         Praktikum Pengelolaan Instalasi Komputer

1.         Menganalisis dan mengembangkan sistem serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif.

2.         Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi komputer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi komputer.

3.         Menjelaskan abstraksi dari ekskusi sebuah program pada sebuah sistem komputer.

4.         Merancang sistem keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.

5.         Memahami abstraksi dari ekskusi sebuah program pada sebuah sistem komputer

8 1.         Algoritma Paralel

2.         Komunikasi Data dan Jaringan Komputer

3.         Cloud Computing

1.          Merancang sistem jaringan komputer serta melakukan pengelolaan secara kontinu.

2.          Memahami prinsip dasar sistem jaringan computer

3.          Menerapkan algoritma paralel yang dapat memanfaatkan sumberdaya komputasi yang tersedia dengan efisien.

4.          Mengembangkan aplikasi sederhana berbasis jaringan

9 1.         Komunikasi Serat Optik

2.         Sistem Komunikasi Gelombang mikro

1.          Menguasai teori sistem telekomunikasi berbasis gelombang elektromagnetik

2.          Mampu mengintegrasikan jaringan telekomunikasi dalam sistem jaringan komputer yang kompleks

3.          Mampu mengelola trafik data komputer dan informasi dalam platform jaringan telekomunikasi

4.          Mampu mengembangkan kapasitas jaringan telekomunikasi dengan teknologi komputasi

10 1.         Komputer dan Masyarakat

2.         Etika Profesi Teknologi Informasi

3.         Keterampilan Berkomunikasi

1.          Mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan nonteknis.

2.          Berpikir kritis, mengidentifikasi akar masalah dan pemecahannya secara komprehensif, serta mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data.

3.          Memiliki integritas profesional dan berkomitmen terhadap nilai-nilai etika.

4.          Memimpin dan bekerja dalam tim, mandiri dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.

5.          Memiliki sikap untuk belajar seumur hidup (life-long learning).

6.          Bekerja sama dengan individu yang memiliki latar belakang sosial dan budaya yang beragam.

7.          Mencari, merunut, menyarikan informasi ilmiah dan non-imiah secara mandiri dan kritis.

8.          Beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi danmenangani berbagai kegiatan secara simultan pada berbagai kondisi.

11 1.         Metodologi Penelitian Teknologi Informasi

2.         Kerja Praktek/Magang

3.         Skripsi/Tugas Akhir

1.          Mampu mengintegrasikan keilmuan Informatika menjadi solusi atas permasalahan factual di masyarakat (stake holder/industri)

2.          Mampu mengintegrasikan keilmuan Informatika menjadi solusi atas permasalahan factual di masyarakat (stake holder/industri)

3.          Mampu menganalisis permasalahan TIK dengan pendekatan riset

4.          Mampu mendokumentasikan dan mendiseminasikan hasil riset dalam bentuk publikasi ilmiah

5.          Mampu menulis makalah ilmiah/skripsi yang memenuhi kaidahetika penulisan ilmiah dan menghindari plagiarism